Makanan-Makanan Yang Tidak boleh Dipanaskan Berulang-Ulang Kali

Pernah dengar jenis makanan apa saja yang tidak boleh dipanaskan? Iya, jawabannya pasti bayam. Namun tahukah anda, tidak hanya bayam yang tidak boleh dipanaskan. Masih ada makanan-makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang kali.

Sebelumnya, selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terpercaya dan kami melayani pemesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia juga ke luar negeri. Kami menyediakan barang asli 100% bukan barang tiruan karena merupakan distributor resmi Green World Global.

Pada halaman ini kami akan memberitahu makanan-makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang kali. Mari kita simak bersama-sama..

Makanan-Makanan Yang Tidak boleh Dipanaskan Berulang-Ulang Kali

maka

Berbicara mengenai makan sehari-hari, biasanya kita memiliki sisa makan yang tidak habis. Salah satu kebiasaan kita adalah menghangatkan makanan, karena tentu jarang ada orang yang menyukai makanan dingin. Memanaskan kembali dengan oven atau kompor menjadi salah satu aktivitas harian yang umum dilakukan karena efektif dan efisien, makanan yang telah lama disimpan dapat dinikmati kembali setelah hangat.

Makanan yang dihangatkan bisa saja memicu timbulnya kanker. Beberapa makanan mungkin tak masalah jika dipanaskan, namun taukah anda jika sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan karena dapat mengubah struktur kimia yang bisa meraccuni tubuh anda. Oleh sebab itulah ada baiknya anda lebih berhati-hati dengan makanan yang anda panaskan kembali, ada baiknya jangan memasak dalam jumlah banyak. Selain nutrisi yang hilang, ada beberapa alasan lain kenapa makanan ini tidak boleh dipanaskan. Berikut daftarnya.

Daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan

1. Bayam

bayamSeperti yang telah diketahu Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi. Itulah sebabnya sayur ini akan tampak berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak. Oleh sebab itulah sebaiknya konsumsi sayuran ini setelah selesai makan.

Jika ternyata masih sisa dan masih bisa dikonsumsi ( sebelum 5 jam ) sebaiknya jangan memanaskannya kembali jika masih ingin mengkonsumsinya kembali. Alasannya karena kandungan zat besi bisa berubah menjadi racun setelah dipanaskan kembali. Sementara kandungan nitrat yang ada pada Bayam juga dapat berubah menjadi nitrit, perlu diketahui jika nitrit bersifat karsinogen atau bisa pemicu kanker.

2. Jamur

jamur
Rasanya yang enak, dan kandungan proteinnya yang tinggi membuat jamur sering dipakai sebagai pengganti daging dan sering dijadikan sebagai sebagai sumber protein nabati. Selain itu jamur juga kaya akan kandungan mineral, vitamin, asam aminu dan anti oksidan. Namun sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengguankan bahan jamur dilakukan begitu selesai pengolahan atau selagi masih hangat.

Sebaiknya jangan memanaskan ulang makanan yang menggunakan bahan jamur selain dapat merusak rasa kandungan proteinnya juga bakalan hilang.

3. Kentang

kentangKentang oleh banyak orang banyak diolah sebagaisambel goreng atau perkedel. Rasanya yang enak dan lembuat membuat kentang ini cukup digemari. Berbicara mengenai kandungannya, kentang banyak mengandung zat besi dan tembaganya yang sangat baik untuk nutrisi otak. Tidak hanya itu saja Kentang juga diketahui memiliki kandungan karbohidrat yaang mudah dicerna yang mampu menyehatkan lambung.

Yang perlu diketahui adalah apa bila makanan yang mengunakan bahan kentang dipanaskan maka kdapat mempengaruhi kandungan gizinya. Alih-alih bermanfaat bagi tubuh makanan ini malah bisa berbahaya bagi tubuh jika dipanaskan ulang karena pemanasan dapat membuat zat-zat penting dalam kentang hilang.

4. Ubi

ubiSiapa sangka jika ubi yang kerap dipandang sebelah mata ini rupanya banyak membawa manfaat. Ubi dipercaya dapat menambah daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, berpengaruh pada kesuburan, mencegah diabetes dan menjaga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya konsumsilah ubi saat baru selesai diolah. Ini karena ubi memiliki kemiripan dengan bayam yang sama-sama kandungan nitratnya bisa berubah nitrit apabila dipanaskan.

telur

5. Telur

Harganya yang terjangkau membuat telur banyak dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani. Namun apabila telur dimasak secara berulang-ulang makan kuning telur dapat membahayakan kesehatan. Ini karena pemanasan secara berulang-ulang bisa mengubah zat-zat bergizi dan protein menjadi zat berbahaya. Hal ini tidak berlaku untuk makanan mengandung telur seperti dalam saos.

6. Seledri

seldSayuran ini biasanya digunakan sebagai penguat aroma masakan sup, orang bahkan mengatakan sup tampa seletdri itu tidak terasa sempurna. Beerbicara mengenai kandungan vitaminnya, jenis syuran ini sangat kaya akan kandungan vitamin seperti itamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Selain itu daun sletdri guja dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit.

Kadungan anti oksidan yang terdapat pada daun seledri dipercaya dapat membantu menambah daya tahan tubuh. Namun pemanasan ulang pada daun seledri dapat membuat kandungan vitaminnya hilang selain itu kandungan oksidannya bisa berubah menjadi karsinogen. Untuk itu ada baiknya daun seledri ditaburkan pada mangkuk sup yang akan dihidangkan bukan pada panci, agar sisa sub dipanci bisa tetap dipanaskan.

ayam

7. Ayam

Ayam juga sama seperti jamur, komposisi kandungan gizinya bisa berubah jika dipanaskan secara berulang-ulang. Oleh sebab itulah jika terpaksa memanaskannya sebaikanya panaskan dengan menggunakan api kecil dan hanya sampai pada posisi hangat.

8. Gorengan

m
Makanan ini termasuk makanan favorit dan disukai semua kalangan. Gorengan memang sangat nyaman dinikmati selagi masih hangat, sehingga tak jarang gorengan akan dipanaskan ulang agar tetap terasa enak untuk dinikmati kembali. Padahal pemanasan tersebut hanya membuat makanan tersebut semakin berbahaya untuk kesehatan karena kandungan lemaknya semakin tinggi.

Oleh sebab itulah sebaiknya jika hendak memanaskan ulang ada biknya dipanaskan keembali tanpa menggorenganya dengan minyak misalnya dipanggang dalam waktu yang singkat sampai kembali hangat.

Itu tadi makanan-makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang kali. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terima kasih.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmemperbaikikinerjaototusus.wordpress.com untuk update berita seputar kesehatan lainnya.

Baca Juga : Manfaat tanaman brotowali dari akar sampai daun

MAKANAN-MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIPANASKAN BERULANG-ULANG KALI

Advertisements

One thought on “Makanan-Makanan Yang Tidak boleh Dipanaskan Berulang-Ulang Kali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s