Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Makan makanan yang tepat setelah donor darah dapat membantu mengisi kembali kehilangan zat besi dan vitamin. Inilah Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah — Donor darah bukan hanya dapat menyelamatkan nyawa orang lain, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat untuk pendonor. Namun masih banyak orang yang enggan untuk mendonorkan darahnya. Mereka khawatir akan menjadi lemas setelah melakukan donor darah.

Saat donor darah, anda kehilangan beberapa mililiter darah anda. Untuk menggantikan darah anda yang hilang, tubuh dengan cepat akan membentuk sel-sel darah merah yang baru. Pembentukan sel-sel darah merah baru tentu membutuhkan banyak nutirisi yang bisa anda dapatkan dari makanan.

Berikut makanan yang dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh

  • Makanan yang mengandung zat besi

Zat besi sangat Anda butuhkan setelah Anda melakukan donor darah. Zat besi adalah komponen dalam darah yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat dan membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh Anda. Tanpa zat besi, tubuh Anda tidak dapat memelihara atau menghasilkan sel darah merah yang sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi setelah Anda donor darah dapat membantu mempercepat pembentukan sel darah merah baru, sehingga kondisi Anda bisa cepat pulih.

Anda bisa mendapatkan zat besi dari bayam, brokoli, kale, sawi hijau, daging merah, ikan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Untuk membantu penyerapan zat besi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, brokoli, tomat, paprika, dan lainnya. Penyerapan zat besi yang lebih baik dapat mempercepat produksi sel darah merah.

  • Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat atau vitamin B9 juga dapat membantu tubuh dalam menghasilkan sel-sel darah merah baru. Sehingga, makanan yang mengandung asam folat dibutuhkan setelah Anda melakukan donor darah. Anda bisa mendapatkan asam folat dari banyak sayuran hijau, seperti bayam, kale, asparagus, sawi hijau, dan lainnya. Asam folat juga banyak ditemukan dalam hati, kacang-kacangan, dan jus jeruk.

  • Makanan yang mengandung riboflavin

Riboflavin atau vitamin B2 berperan dalam produksi sel darah merah dan juga dapat membantu tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Setelah donor darah, tubuh Anda mungkin merasa lemas karena banyak kehilangan energi selama donor darah. Sehingga, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2, tubuh Anda lebih cepat mendapatkan energinya kembali dan Anda tidak merasa lemas berkepanjangan.

Anda bisa mendapatkan riboflavin dari telur, daging unggas, kacang-kacangan, bayam, brokoli, asparagus, dan  sayuran berdaun hijau lainnya. Susu dan produk susu, seperti yogurt, juga merupakan sumber riboflavin yang baik.

  • Makanan sumber vitamin B6

Setelah Anda kehilangan darah, tubuh akan memproduksi sel darah merah kembali. Saat ini, tubuh Anda membutuhkan banyak vitamin untuk membentuk sel-sel darah merah yang baru dan untuk membantu tubuh dalam memecah protein. Nah, salah satu yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam memecah protein, di mana protein sangat dibutuhkan tubuh dalam produksi sel darah merah baru. Jadi, setelah donor darah jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6. Beberapa makanan sumber vitamin B6 adalah ikan, daging merah, telur, bayam, kentang, pisang, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • minum air yang banyak

Ya, Anda membutuhkan asupan air yang banyak setelah donor darah. Minum banyak air diperlukan untuk menjaga hidrasi tubuh Anda dan juga untuk mencegah Anda dari pingsan. Bahkan, minum air yang banyak tidak hanya diperlukan setelah donor darah, tetapi juga sebelum Anda melakukan donor darah. American Heart Association merekomendasikan untuk menghindari alkohol dan meningkatkan asupan air Anda sebanyak 4 gelas selama 24 jam setelah Anda donor darah.

Makanan lainnya

Selain nutrisi penting seperti di atas yang harus Anda konsumsi setelah melakukan donor darah, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi nutrisi berikut ini untuk mempercepat pemulihan kondisi Anda.

  • Makan banyak makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat dan sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah.
  • Konsumsi banyak protein. Protein merupakan unsur penting yang ada dalam hemoglobin, sehingga protein sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah.
  • Selain air, Anda mungkin juga membutuhkan air kelapa. Air kelapa dapat membantu menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh Anda setelah donor darah. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi, seperti kalium.
  • Konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Seperti yang sudah Anda ketahui, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Dengan memakan Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah diatas, maka kondisi tubuh anda akan kembali seperti sedia kala. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk segera mendonorkan darah anda.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmemperbaikikinerjaototusus.wordpress.com untuk mengetahui informasi lainnya mengenai kesehatan.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s